Kamu Mendapat Surat (Elektronik)

CERITA saat masa-masa awal teknologi surat elektronik (e-mail) digunakan secara massal di Amerika sana. Ada romantisme, ternyata. Gak melulu soal spam dan e-mail phising yang selalu bikin pusing.

Diperankan Tom Hank dan Meg Ryan yang sudah gak muda lagi saat itu. Tom (42 tahun) dan Ryan (37 tahun). Sutradaranya Nora Ephron, perempuan yang berlatar belakang jurnalis dan penulis.

Memadukan tema hightech di zamannya, dibalut romantisme. Cerita film ini justru diadopsi dari drama kuno Hongaria ‘Parfumerie’ tahun 1937 karya Miklós László.

Dan kemudian setelahnya, penggunaan teknologi email makin populer dan menyebar makin massal di seluruh dunia.

Sekarang, Email tidak sekedar untuk berkorespondensi surat menyurat secara online. Tapi juga untuk mengirimkan dokumen kerja seperti file, gambar, video atau audio.

Email juga jadi salah satu identitas online yang bisa digunakan untuk mendaftarkan akun media sosial kita (twitter, instagram, path, line, facebook, dll) atau jadi user pengenal untuk masuk ke pelayanan online publik.

Teknologi dan fungsinya terus berkembang dari saat awal konsepnya mulai dikenalkan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer di Badan pertahanan AS pada akhir tahun 1971.

Sekarang, saya termasuk yang sering beraktifitas dengan fitur di surat elektronik setiap hari. Juga memeriksa email-email di akun-akun pribadi. Siapa tahu ada kiriman email penting yang masuk dan perlu segera dibalas.

Terimakasih untuk teknologi ini.

(*)

Postingan ini pertama kali diunggah pada 29 Oktober 2020 di blog lama saya : noesaja.wordpress.com
Bintoro Suryo

About Author /

Admin

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search